Pengertian Singkat Activity Diagram

 



Oke prenn, pada kesempatan kali ini saya akan menjelasakan salah satu jensi UML, yakni Activity Diagram . saya akan membahasa pengertian, tujuan, dan komponen-komponen yang ada di dalam actvity diagram. yukkk simak gyus


PENGERTIAN ACTIVITY DIAGRAM

Activity diagram adalah jenis diagram yang digunakan dalam pemodelan perangkat lunak dan analisis sistem untuk menggambarkan alur logika atau urutan aktivitas dalam sebuah proses. Diagram ini berfungsi untuk memvisualisasikan bagaimana objek atau aktor berinteraksi dalam suatu sistem.

Alur atau aktivitas berupa bisa berupa runtutan menu-menu atau proses bisnis yang terdapat di dalam sistem tersebut. Dalam buku Rekayasa Perangkat Lunak karangan Rosa A.S mengatakan, “Diagram aktivitas tidak menjelaskan kelakuan aktor. Dapat diartikan bahwa dalam pembuatan activity diagram hanya dapat dipakai untuk menggambarkan alur kerja atau aktivitas sistem saja.”


TUJUAN ACTVITY DIAGRAM

1. Menjelaskan urutan aktivitas dalam suatu proses.2

2. Di dalam dunia bisnis biasanya digunakan untuk modeling (memperlihatkan urutan proses bisnin)

3. Mudah dalam memahami proses yang ada dalam sistem secara keseluruhan.

4. Merupakan metode perancangan yang tersetuktur, mirip dengan flowchart maupun data flow diagram (DFD).

5. Mengetahui aktivitas aktor/ pengguna berdasarkan use case/ diagram yang di buat sebelumnya.



KOMPONEN ACTIVITY DIAGRAM











Berikut penjelasn lengkapnya mengenai komponen-komponen pada activity diagram di atas:

Start Poin atau Initial State : Strat point adalah lingkaran hitam kecil. biasanya digunakan untuk menandakan status awal, atau titik awal activitas untuk setiap activity diagram.

Activity : Activity merupakan yang di lakukan atau sedang terjadi dalam sistem. biasanya diawali dengan "kata kerja" dari aktivitas yang di lakukan.

Decision atau percabangan : percabangan atau decision merupalan suatu titik atau point yang mengindikasikan suatu kondisi di mana adanya kemungkinan dalam perbedaan transisi. hal tersebut diperlukan ketika sistem yang dimiliki memiliki beberapa kemungkinan atau jalan alternatif.

Synchronization : Dibagi menjadi 2 bagian, yaitu Fork dan Join. Fork(percabangan) digunakan untuk memecah behaviorn(tingkah laku) menjadi activity diagram secara pararel. Join(penggabungan) digunakan untuk menghubungkan kembali activity dengan action secara pararel.

Merge : menggabungkan flow yang sudah dipecah menjadi beberapa bagian oleh suatu flow.

swimlanes : Memecah activity diagram menjadi kolom atau baris untuk membagi tanggung jawab object-object yang melakukan suatu aktivitas

Transition ; Digunakan untuk menunjukan aktivitas selanjutnya dan sebelumnya.

Notasi akhir (end state) : notasi akhir digunakan untuk menandakan proses tersebut berakhir. pada uml, notasi akhir dapat digambarkan dengan simbol sebuah bull's eye (mata sapi).


Komentar